Apa itu Skin Barrier ?

Hi!
Sekarang ini makin banyak orang yang semakin sadar tentang pentingnya kesehatan kulit. Produk-produk perawatan kulit yang dijual dari berbagai merkpun meliputi segala permasalahan kulit seperti kulit berjerawat, kulit kusam, kulit kering atau yang lebih ekstrem seperti eczeme. Namun, dari segala permasalahan kulit di atas ada lagi yang paling sering dilupakan orang yaitu kesehatan skin barrier. Apa sih skin barrier beserta fungsi dan solusinya ? Yuk, simak artikel berikut.
Skin barrier (Sumber : kiehls.com)


Kulit kita terdiri dari tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis. Skin barrier merupakan lapisan kulit terluar yang terdapat pada epidermis khususnya di lapisan stratum corneum, yang fungsinya sebagai pertahanan utama kulit dari efek buruk lingkungan (faktor eksternal) seperti polusi, sinar UV, efek kimia, agen infeksi (bakteri, virus, dll.), dan juga melindungi dari zat pembawa alergi (alergen). Secara internal, skin barrier berfungsi sebagai proses homeostasis dan melindungi tubuh dari kekurangan air (kering).

Lapisan stratum corneum terdiri atas korneosit yang merupakan sel penyusun epidermis, korneosit ini dikelilingi oleh lipid yang menutupi bagian permukaan kulit dan membentuk barrier. Lipid ini terdiri atas ceramide, kolesterol, asam lemak, berbagai jenis protein seperti protease, asam fosfat, lipase, dan glukosidase.

Damaged and healthy skin (Sumber:Kankay.com.au)

Ketika barrier kulit kita sehat, kulit bakal bekerja sebagai mana mestinya dan juga lebih terlindung dari berbagai efek negatif lingkungan. Namun, ketika skin barrier ini rusak, kulit bakal mudah terkena iritasi, kekurangan air alias kering, jadi mudah jerawatan, nutrisi yang penting untuk kulit juga bakal sulit untuk terserap ke kulit, ujug-ujug bakal melemahkan kekuatan perlindungan dari kulit itu sendiri. Maka, kalau ini sudah terjadi perlulah kiranya kita mengembalikan dan menguatkan kembali skin barrier tersebut.

Udah skincare-an tapi skin barrier bisa rusak ? Jawabannya bisa dong !
Kesalahan dalam perawatan kulit bisa bikin skin barrier kita melemah dan rusak. Contohnya, ketika kita terlalu sering eksfoliasi, atau pakai produk yang bikin kulit jadi kering, kurang menghidrasi kulit, atau karena gak cocok sama suatu produk yang bikin kulit terus-terusan iritasi. Selain itu bisa juga karena perubahan cuaca. Efeknya? Kulit jadi super rewel, breakout gak sembuh-sembuh dan super kering. Terkadang malah pake produk ini itu tetep bikin kulit rewel se rewek rewelnya. Kalau udah kayak begini kita harus lebih aware dengan kandungan dari produk skincare tersebut sebelum diaplikasikan.

Untuk mengembalikan kekuatan kulit, kita bisa memilih produk dengan kandungan yang semirip mungkin dengan lipid yang udah dibahas sebelumnya. Kandungannya bisa meliputi ceramide, kolesterol, asam lemak atau fatty acid, protein dan glukosa. Berbagai kandungan ini sudah sangat banyak diproduksi oleh berbagai brand kosmetik terutama brand asal korea selatan. Hebatnya, negara ini udah punya banyak produk yang memang dikhususkan untuk menguatkan skin barrier kita. Beberapa produk mungkin masih langka di Indonesia tapi kita bisa cari di berbagai ecommerce yang melakukan pengiriman ke Indonesia.

Sekian dulu nih artikel singkat mengenai skin barrier. Semoga membantu dan juga kalau ada yang kurang bisa dikoreksi dan ditambahkan~
Terimakasih ~~~

0 Comments