Tips memulai Skin care untuk Pemula

https://www.townandcountrymag.com/

Hai !
Masa-masa karantina di rumah aja kayak gini emang paling bagus untuk mulai rajin perawatan diri ya gak ?
Tapi, mungkin sebagian dari kita udah niat banget buat perawatan atau skinkeran tapi belum tau mulai dari mana sih? Apa yang harus disiapkan ??
Nih, aku beri sedikit tips buat kalian yang ingin memulai skinkeran simak tips berikut ya !

1. Kuatkan niat
Sebelum memulai suatu kegiatan ada baiknya kita kuatin dulu niatnya. Terkadang orang yang pertama kali ingin mulai perawatan semangatnya di awal doang terus akhirnya males-malesan dan ujung-ujungnya kalau kulitnya bermasalah yang disalahin adalah produknya wkkww. Jadi, sebaiknya kamu kuatin dulu niatmu dan jangan malas-malasan ya terutama untuk membersihkan kulitmu !

2. Kenali tipe kulitmu dan segala permasalahannya
Udah niat buat perawatan tapi bingung mau beli produk apaan. Nah kamu harus tau dulu tipe kulitmu apakah normal? Oily? atau kombinasi ? Lalu apa yang jadi skin concern kamu ? Apakah dehidrasi , atau acne-prone skin, atau lainnya. Kamu bisa perhatiin sendiri kulit kamu di cermin, sejatinya yang paling paham masalah kulitmu adalah kamu sendiri :)

3. Tentukan budget !
Setelah kamu tau apa tipe kulitmu dan permasalahannya, sebelum menentukan produk mana yang mau kamu beli jangan lupa sesuaikan dengan budget mu. Kalau kamu gak masalah mengeluarkan budget yang besar kamu bisa coba beberapa produk high end yang sudah terkenal bagusnya dna jadi best seller dimana mana. Tetapi, kalau kamu budgetnya masih terbatas kamu bisa mencoba produk yang harganya terjangkau. Sekarang udah banyak loh produk yang tidak mahal tapi khasiatnya menyaingi produk high end atau bisa disebut dupe. Mau produk lokal ataupun produk luar semua ada tinggal kamu aja mau pilih yang mana :)

4. Beli produk basic 
Beberapa dari kita yang masih pemula pasti bingung harus beli produk yang mana aja. Cleanser gel atau foam ? Toner exfoliasi ? Toner hidrasi ? Essens? Ampul ? Serum ?? Aduuhhhhh banyak banget puyeeengggg!!! Eiitt santuy gan ~
Sebenarnya produk esensial yang wajib kita miliki itu yang basic aja. 

Cleanser > Toner > Serum > Cream

Nah, itu basic produk yang harus kamu miliki. Cleanser kamu bisa pilih foam cleanser yang lembut dan ga bikin efek ketarik-tarik ya usahakan yang gentle cleanser.
Setelah cleansing pasti kulit kita jadi berkurang kelembabannya, jadi kamu wajib punya toner sebagai hidrasi (hydrating toner). Toner ini banyak banget variannya tinggal sesuaikan aja sukanya yang mana.
Kemudian, untuk mengatasi permasalahan kulitmu bisa menggunakan serum. Serum ini menyesuaikan apapun permasalahan kulitmu. Pakenya gausah digosok-gosok ya cukup ditepuk ringan aja biar menyerap. 
Kemudian terakhir untuk mengunci kelembaban kulit gunakan cream. Nah, untuk kulit yang normal-dry kalian bisa mencoba berbagai cream yang ada kandungan oil nya supaya lebih terhidrasi ya. Buat kalian yang kulit oily aku saranin untuk pilih cream yang watery atau gel cream agar lebih ringan dan tidak terlalu berat yang dapat nutup pori-pori.
Saranku juga sebaiknya pilih produk yang tidak mengandung paraben, PEG, fragrance, alkohol, mineral oil, dan berbagai bahan lain yang kurang disarankan.

5. Jangan panik !
Setelah kalian mencoba produk-produk tersebut beberapa waktu, kemudian malah kulit kalian memberikan reaksi negatif seperti kemerahan, jerawat, atau muncul komedo plis jangan panik ! Langkah pertama pastikan kalian sudah melakukan pembersihan wajah yang benar dan tidak berlebihan. Kemudian, coba untuk mengurangi atau memberhentikan penggunaan produknya selama beberapa waktu hingga kulit kembali normal. Ketika sudah normal, coba kembali produk yang kalian rasa tidak cocok di kulit kalian satu persatu. Jika timbul reaksi negatif lagi silahkan hentikan penggunaan produknya :)

Rugi dong udah dibeli malah jerawatan gimana si ????
Mungkin sebagian kita bakal ngomong gini. Memang produk skinker itu sendiri bersifat cocok-cocokan. Kalau produknya dikulitku bagus belum tentu dikulitmu cocok. Namun begitulah pencarian skinker sama seperti pencarian jodoh :)
Selama produk yang kalian beli adalah produk yang aman dan bukan abal-abal insyaAllah tidak akan memberi efek negatif yang berlebihan. 
Kalau kamu ga cocok dengan produk tertentu kamu bisa coba yang lain yang penting sesuaikan selalu dengan tipe kulitmu ya :)

Sekian dulu tips dariku ya. Artikel ini kepanjangan sepertinya dan ga ada gambarnya jadi bakal ngebosenin banget kwkwkw. 

0 Comments